Ada yang Spesial, Ritual Adat Seblang Bakungan Lebih Meriah

Banyuwangi – Berbagai suguhan budaya Banyuwangi tak henti hentinya digelar. Setelah Gandrung sewu yang memukau seluruh penonton di pantai boom, hari ini akan digelar ritual adat seblang. Tidak seperti tahun tahun sebelumnya,ritual adat seblang bakungan kali ini digelar selama tiga hari dan puncak acara nanti malam 18/9.

Ritual adat seblang bakungan merupakan ritual adat bersih desa yg telah dilaksanakan secara turun temurun hingga saat ini. Ritual adat yang berlangsung di kelurahan Bakungan. Ritual adat seblang bakungan di perankan oleh keturunan segaris yg telah menginjak menopouse. Ibu supani 63th sudah memerankan seblang bakungan selama tiga tahun hingga sekarang. Berbeda dengan tahun sebelumnya,ritual adat seblang bakungan kini dilaksanakan selama tiga hari. Penyelenggaraan dikemas epic,berbagai lapisan masyarakat bakungan ikut andil mensukseskan ritual adat seblang.

Sebelum puncak acara,mulai dari kemarin hingga malam masyarakat antusias datang ke kelurahan Bakungan. Berbagai event digelar seperti 30 tari tarian khas Banyuwangi,musik tradisional, hinggal lawak daerah yang menghibur masyarakat hingga malam hari. Seluruh tampilan yang ada di bakungan melibatkan sanggar tari setempat. Tak ketinggalan sepanjang jalan bakungan dipadati berbagai tenda tenda ukm dengan menampilkan dan menjual aneka oleh – oleh khas Banyuwangi,selain itu juga diadakan membatik bersama ibu ibu se kelurahan Bakungan.

Puncak acara pun tak kalah menarik, tampilan musik Banyuwangi ethno carnival akan mengisi rangkaian ritual adat mulai pukul 09.00 – 11.00 siang nanti. Memasuki inti acara akan dilaksanakan nyekar “ziarah kubur” ke makam mbah witri sesepuh seblang ,ke mata air penawar pukul 14.30 -16.30 yang di iringi oleh arak arakan tarian seblang, musik tradisional “terbangan” . Disaat yang sama di sepanjang jalan kampung akan diadakan gelar makanan.

Saat prosesi inti dimulai, seluruh penerangan dari listrik akan di matikan setelah sholat berjamaah di masjid desa setempat. Prosesi ider bumi atau keliling desa dilaksanakan,seluruh masyarakat berpartisipasi dengan ikut keliling desa menggunakan oncor “obor”. Sesampai di pusat acara di sepanjang jalan akan dilaksanakan selamatan kampung yang dilanjutkan acara inti ritual adat seblang bakungan. Seperti apa keseruannya, yuk datang ke Banyuwangi tepatnya di kelurahan Bakungan,kecamatan Glagah