Inovasi Daerah di presentasikan di Dunia

Banyuwangi – Akan menjadi awal Tahun 2016 yang sangat membanggakan bagi Banyuwangi. Sekali lagi Banyuwangi mendunia. Kali ini Organisasi Pariwisata Dunia (PBB) atau United Nation World Tourism Organization (UNWTO) tertarik akan perkembangan kepariwisataan daerah Banyuwangi. UNWTO mengundang Kabupaten Banyuwangi untuk mempresentasikan program inovasi di sektor pariwisatanya di Madrid, Spanyol 18 Januari 2016 mendatang.

Plt kadisbudpar Banyuwangi M.Y.Bramuda menjelaskan, Banyuwangi dipercaya oleh Kementerian Pariwisata RI untuk mewakili Indonesia di ajang lomba terkait inovasi pemerintah dalam strategi pengembangan pariwisata dan Budaya. Bramuda juga menjelaskan sudah 8 tahun Indonesia mengikuti ajang ini namun belum pernah sekalipun menyabet juara. Kali ini Kemenpar RI memilih Banyuwangi sebagai wakil Indonesia dalam ajang tersebut untuk mempresentasikan strategi pengembangan pariwisata dan budaya dengan studi kasus di pemerintahan Kabupaten Banyuwangi.

Dalam ajang yang digelar pada tanggal 18 Januari 2016 tersebut Indonesia menjadi salah satu finalis dalam kategori “Innovation in Public Policy Governance” yang akan mempresentasikan program inovasinya.

Indonesia akan mempresentasikan program dalam bentuk tulisan yang dibuat oleh Kabupaten Banyuwangi dengan judulĀ “Four Winning Strategies, Key To The Success of Developing Suitainable Tourism In Indonesia”, dimana di dalamnya juga menjelaskan strategi Banyuwangi melalui Banyuwangi Festival untuk mendorong kemajuan ekonomi masyarakat dan promosi pariwisata dan budaya Kab. Banyuwangi. Kemudian berisi pula strategi dari dalam yakni kordinasi antar SKPD yang membentuk suatu ekosistem SKPD yang memuluskan program Banyuwangi untuk memajukan ekonomi masyarakat, pariwisata dan Budayanya.

Pemerintah Banyuwangi optimis dan berharap Indonesia dapat mempresentasikan dengan baik serta inovasinya dapat dicontoh oleh negara lain serta dapat membawa pulang gelar juara ke tanah air. (AFS)

Sumber : banyuwangitourism.com